Saturday, August 22, 2009

BAKED POTATO CHEESE BROKOLI ala mbak Ine

Ini makanan favoritnya Pandi, anakku yang sulung. Pokoknya mau yang dibikin begini atau yang kentangnya dipotong potong terus dicampur dengan saos dan brokolinya , kemudian dioven juga jadi favorit.
Bikin sendiripun dia bisa kalo udah kepengen makan tapi ibunya belum datang.
Dita mengurangi jumlah susunya jadi 250 cc dan kejunya juga seadanya. Tapi rasanya masih uenakkk...Silahkan coba..dicoba...Makasih mbak Ine buat sharing resepnya.


Bahan :

4 butir kentang ukuran sedang, cuci bersih
250 gr brokoli, lepaskan dari kuntumnya, potong-potong
1 sdm margarine
2 sdm terigu
60 gr keju cheddar parut
300 cc susu segar
garam dan merica

Mozarella cheese untuk taburan (ga pake)

Cara membuat :
  1. Brokoli diblansir dengan sedikit garam, sisihkan.
  2. Buat saus : Lelehkan margarin, masukkan tepung, aduk rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat. Masukkan keju parut, garam dan merica. Masak sampai meletup-letup, sisihkan.
  3. Kukus kentang selama 15 menit dengan panci tekan biar hemat energy
  4. Bakar kentang diatas bara untuk mengeluarkan bau sangit asapnya saja atau bisa aja setelah dikukus, bungkus pake alumunium foil, oven selama beberapa menit hingga kecoklatan. Biar praktis aku pilih yang dibungkus aluminium foil
  5. Taruh kentang di piring saji, memarkan/pencet hingga merekah, beri brokoli, saus dan taburi dengan mozarela atau potong kentang kukus tipis, lalu campur dengan saus dan b rokoli yang diblansir. Bagian paling atas taburi mozarella. Lalu oven sampai keju meleleh
  6. Sajikan segera... Karena lebih enak disantap panas-panas!!

No comments: