Sunday, August 17, 2008

Kena macet

Berhubung mau puasa biasanya salah satu dari aku dan 2 kakakku pergi ke makam almarhum orang tuaku di Kecamatan Taman, Pemalang untuk membersihkan makam beliau sekaligus kirim doa. Emang sih kirim doa bisa dimana saja, tapi kita tidak mau makam alm. orang tuaku tidak terawat. Alm. bukan asli orang Taman/Pemalang, tapi pada waktu alm. ibuku meninggal di Jakarta kita putuskan ibu dimakamkan didekat makam Oomnya yang dulu pernah tinggal di Taman. Jadi waktu bapakku meninggal ya otomatis dimakamkan disebelah istrinya dong.

Tgl 16 Agustus, aku dan suami berdua saja pergi ke RRT alias Republik Rakyat Tegal dimana dulu aku dilahirkan, dibesarkan dan tamat SMA disana. Diantar 2 kakakku, hanya aku saja yang kelahiran Tegal dan selalu menjadi ledekan Oom & tante kalo kita ngumpul. Paling tidak dialek Tegalku lebih nempel daripada ke 2 kakakku dan orang tuaku sendiri asli dari Solo dan Demak. Jadi kalo aku ditanya asliku dari mana? Dengan bangganya aku bilang "Saya dari RRT pak/bu. Alias Republik Rakyat Tegal"he he...Lha gimana coba kalo mau ngaku orang Solo lah wong aku lahir dan besar di Tegal meskipun dulu waktu kecil tiap kali liburan pergi kerumah Eyangku di Manahan dan nonton latihan band Trenchem di jalan Kelud. Salah satu pemain band Trenchem ini ya Bp Setiawan Djodi yang sudah konglomerat itu tuh...

Nah sekarang tiap kali mau nyekar alm. orang tuaku, aku cukup melakukan perjalanan pulang balik Jakarta Tegal Taman Jakarta lagi pada hari yang sama. Selama ini sih perjalanan paling lama memakan waktu 5 jam saja. Kemarin ini ternyata perjalanan menjadi lama sekali. Ada pasar tumpah (yang pedagangnya menyita 1 jalur jalan) sebelum masuk tol Cirebon dan untuk jarak yang sangat pendek sampai hampir 2 jam. Ugh..menyebalkan, untung bawa arem-arem buat ganjal perut. Di kepala sudah angan-angan mau makan sate kambing Tegal yang ngga bau prengus. Aku dan suami cuma doyan sate kambing ya di Tegal. Di Jakarta makan sate?? Hiy..sorry ya...baunya aja udah mau muntah.
Keluar tol Cirebon, waks...ketemu macet yang lebih parah. Ternyata 2 jalur dari arah Barat ke Timur ditutup karena jalannya dikerok supaya jalannya mulus waktu lebaran nanti. Jadi jalur dari Barat ke Timur pakai 1 jalur dari arah Timur ke Barat OO..nasib, ternyata banyak sekali mobil dari Jakarta yang kelihatannya juga sama-sama mau nyadran (ke makam sebelum puasa). Suasananya mirippppp banget sama lalu lintas menjelang lebaran. Bedanya ngga banyak motor. Kalo ngeliat jam, wah udah ngga mungkin mau beli ini dan itu di Tegal karena kita ngejar waktu ke makam supaya ngga kemalaman. Bener aja sampai di makam alm. orang tuaku sudah jam 16:30 dan untungnya ngeliat tukang nyabit rumput untuk bantuin bersihkan makam. Ada sih yang jaga makam kompleks alm orang tuaku in, tapi dia sudah tua. Dari makam langsung ke rumah yang jaga makam terus ke Tegal kerumah salah satu famili yang tinggal disana. Istirahat sebentar sambil basuh muka supaya segar, langsung jam 19:00 kembali ke Jakarta.
Alhamdulillah perjalanan pulang ke Jakarta lancar banget dan masuk ke Jakarta jam 23:00. Padahal kita ngga jalan diatas 100 km/jam lho. Menurut suamiku, pulangnya konsumsi bahan bakar per liternya 16 km. Karena waktu ngisi bensin di Tegal, suamiku catat kilometernya dan jumlah liter yang diisi. Ngirit juga nih mobilku.
Kemarin bawa kamera tapi memory cardnya ngga ada didalam kamera hi hi...Moment selama perjalanan ngga ada deh

4 comments:

D-eby said...

moedik lagi moedik lagi...:)
sekali2 moedik ke NL mbak ...ingak inguk awakku...he..he..:)

amethys said...

waaaa...yg balek ke Tegal....

hehehe Esti, bisa nelp. ga?
telp mu kesingsal..:D
ada pesen dari Texas

Anonymous said...

halo mba es... senengnya pulang ke RRT.. gimana sate kambingnya ? marco doyan loh. aku dulu kl ke tegal ke patal tegal itu.. yg banyak setannya.sama suka beli teh poci dg gula batu.
eyang di manahan or manhattan tu ? aku inshaa allah ya ke manhattan oktober iki.. titip opo lek isok nggowo ? hehehe..
met puasa ya say... inot

A. Ann said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri Mba Esti-ku sayangg..Mohon Maaf Lahir dan Batin ya Mba..yuukkk, Gank HL kumpul yuukk, Halal bilhalal hehehe..